RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SDN .........................
Mata Pelajaran : Tematik
Kelas / Semester : 5 / 2
Tema : 6. Panas dan
Perpindahannya
Subtema : 1. Suhu dan Kalor
Pembelajaran : 3
Alokasi
Waktu : 6 x 35 Menit (1
Pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
1. Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan
faktual dan konseptual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanyaberdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logisdalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. Tujuan
Pembelajaran
·
Dengan membuat
kesimpulan dari bacaan “Manusia dengan Lingkungan Alam”, siswa mampu menyajikan
ringkasan teks penjelasan secara benar.
·
Dengan
melakukan kegiatan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi interaksi manusia
dengan lingkungan dan pengaruhnya secara benar.
·
Dengan
menuliskan hasil pengamatannya, siswa mampu membuat laporan hasil observasi di
lingkungan sekitar tentang interaksi manusia dengan lingkungan secara tepat dan
jelas.
·
Dengan kegiatan
berdiskusi, siswa mampu menjelaskan makna hak sebagai siswa dan warga negara
secara benar.
C. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
PPKn
1.2. Menghargai kewajiban, hak, dan
tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.
2.2. Menunjukkan sikap tanggung
jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
3.2. Memahami hak, kewajiban dan
tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.
4.2. Menjelaskan hak, kewajiban, dan
tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
·
Menjelaskan
makna hak sebagai siswa dan warga negara.
Bahasa Indonesia
3.3. Meringkas teks penjelasan
(eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
4.3. Menyajikan ringkasan teks
penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual.
Indikator :
·
Menyajikan
ringkasan teks penjelasan.
IPS
3.2. Menganalisis bentuk bentuk
interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan
sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
4.2. Menyajikan hasil analisis
tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap
pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
Indikator :
·
Mengidentifikasi
interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya.
·
Membuat laporan
hasil observasi di lingkungan sekitar tentang interaksi manusia dengan
lingkungan.
D. Materi
Pembelajaran
1. Membuat kesimpulan dari bacaan “Manusia dengan
Lingkungan Alam”, dan menyajikan ringkasan teks penjelasan.
2. Melakukan kegiatan pengamatan, dan
mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya.
3. Menuliskan hasil pengamatannya, dan membuat
laporan hasil observasi di lingkungan sekitar tentang interaksi manusia dengan
lingkungan.
4. Berdiskusi, dan menjelaskan makna hak sebagai
siswa dan warga negara.
E. Metode
Pembelajaran
·
Kolaborasi
metode ceramah, diskusi, refleksi, resitasi dan tanya jawab, dilaksanakan
secara kontekstual dengan pendekatan saintifik.
F. Media
Pembelajaran
·
Gambar
atau ilustrasi terkait materi (bisa ditampilkan dengan LCD Proyektor)
·
Media
kongkrit
G. Sumber
Belajar
·
Buku
Guru dan Buku Siswa Tematik Kelas 5
SD/MI (Revisi 2017) serta buku referensi
lainnya.
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.(Religius dengan
mengimplementasikan nilai keimanan dalam kehidupan sehari-hari)
¡ Guru mengecek kehadiran siswa.
¡ Menyanyikan lagu wajib nasional. (Nasionalisme
dengan mengingat perjuangan pahlawan untuk menumbuhkan rasa syukur akan
kemerdekaan)
¡ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
¡ Guru menjelaskan aspek, jenis dan teknik
penilaian yang akan dilaksanakan.
¡ Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan literasi selama
15 menit.(Kemandirian dalam mengembangkan wawasan melalui
kegiatan literasi)
|
25 menit
|
Inti
|
Ayo Berdiskusi
¡ Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil.(Gotong royong dalam membangun pemahaman yang komprehensif)
¡ Pastikan bahwa semua siswa berbagi pendapat
dan pengetahuannya.
Ayo Membaca
¡ Siswa membaca bacaan: “Manusia dengan
Lingkungan Alam” dengan saksama.
¡ Siswa dapat menggarisbawahi kata-kata baru
yang didapatnya dan menanyakan artinya.
¡ Setelah selesai membaca, siswa diperbolehkan
untuk menuliskan kata-kata baru yang ia temukan dari bacaan, lalu menuliskan
3 informasi penting.(Kemandirian dalam mengembangkan wawasan
melalui kegiatan literasi)
¡ Untuk memupuk rasa ingin tahu siswa, siswa
diberi kesempatan untuk membuat 2 pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan.
¡ Siswa menuliskan kata-kata kunci yang ia
temukan dalam setiap paragraf.(Integritas dalam mengkaji dan mengembangkan wacana keilmuan)
¡ Siswa membuat kesimpulan dari bacaan dengan
menggunakan kata-kata kunci yang ia temukan sebelumnya dan menjelaskannya
kepada teman sebangkunya.(Gotong royong dalam membangun pemahaman
yang komprehensif)
¡ Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang
disajikan berdasarkan informasi yang ia dapatkan dari bacaan.
Ayo Menulis
¡ Siswa menuangkan pemahamannya tentang bacaan
melalui kegiatan menulis.
¡ Siswa mengidentifikasikan pokok pikiran dan
informasi penting yang ia temukan dalam setiap paragraf.
¡ Siswa menggunakan pokok pikiran dan
informasi yang ia temukan, sebagai bahan untuk membuat sebuah tulisan dalam
satu paragraf yang menjelaskan tentang bacaan yang ia baca sebelumnya.
¡ Siswa mempresentasikan hasil tulisannya
kepada teman sekelompoknya.(Gotong royong dalam membangun pemahaman yang komprehensif)
Ayo Mencoba
¡ Siswa akan melakukan pengamatan terhadap
lingkungan sekitarnya dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang tersedia
sebagai petunjuknya.
¡ Siswa dapat melakukan ini di rumah dengan
bantuan orang tua.
¡ Siswa mengisi tabel tentang bentuk interaksi
masyarakat sekitar dengan lingkungan alamnya.
¡ Di akhir kegiatan, siswa membuat kesimpulan.(Integritas dalam menerapkan konsep ilmu yang didapat)
Ayo Berdiskusi
¡ Guru menggunakan teks bacaan yang disajikan
pada buku siswa, untuk membuka pembicaraan mengenai hak dan kewajiban. Guru
memberikan penjelasan bahwa setiap manusia yang hidup di dalam masyarakat
mempunyai hak yang dilindungi oleh undangundang negara.
¡ Siswa dan guru berdiskusi mengenai hak-hak
yang dimiliki orang sebagai anak dan juga sebagai pelajar.
¡ Guru dapat menanyakan pengetahuan siswa
tentang hak-haknya sebagai anak dan juga sebagai pelajar.
¡ Diskusi ini dapat memberikan gambaran kepada
guru, sejauh mana siswa memiliki pengetahuan mengenai topik yang akan dipelajari.(Kemandirian
dalam mengembangkan wawasan melalui kegiatan penerapan konsep)
Ayo Membaca
¡ Guru
dapat menjelaskan terlebih dahulu bahwa ada sebuah organisasi dunia yang
peduli terhadap hak-hak anak sedunia, yaitu PBB.
¡ Siswa
membaca bacaan tentang Konvensi Hak-Hak Anak.
¡ Siswa dapat menggarisbawahi kata-kata yang
baru dan menanyakan artinya.(Kemandirian dalam mengembangkan wawasan
melalui kegiatan literasi)
¡ Guru dan
siswa bisa membahas satu per satu 4 golongan hak anak agar siswa lebih paham
maknanya.
¡ Untuk
membantu siswa mengingat hak-haknya sebagai anak, siswa akan menuliskan 4
golongan hak anak di dalam Buku Siswa.(Integritas
dalam mengkaji dan mengembangkan wacana keilmuan)
¡
Kemudian, siswa memberikan
centang untuk hak-hak yang sudah diterimanya dan menjelaskan bagaimana ia
memperoleh haknya.
¡
Setelah siswa dapat memahami
hak-haknya sebagai anak, siswa membaca bacaan: Hak-hak
Seorang Siswa.
¡
Hak-hak seorang siswa seperti
tercantum di dalam bacaan terdiri dari 8 poin. Siswa diharapkan memahami
setiap poin yang ada.
¡ Guru dan
siswa dapat berdiskusi mengenai makna dari setiap hak yang ada dalam bacaan.
Ayo Berdiskusi
¡
Siswa mencoba menuliskan
kembali hak-hak anak sebagai pelajar dengan menggunakan bahasanya sendiri,
sehingga mudah dipahami oleh dirinya sendiri dan oleh orang lain.(Integritas
dalam mengkaji dan mengembangkan wacana keilmuan)
¡
Setelah selesai, siswa dapat
bertukar pikiran dengan teman sebangkunya tentang hak-hak seorang pelajar.
Jika siswa menemukan hal-hal yang menarik dari diskusi,
siswa dapat membagikannya kepada teman-teman di kelasnya.(Gotong royong dalam membangun pemahaman yang
komprehensif)
¡ Di akhir
kegiatan, siswa membuat kesimpulan tentang hak dengan bahasanya sendiri.(Integritas dalam menerapkan konsep ilmu yang didapat)
|
175 menit
|
Penutup
|
¡ Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan
mengajukan pertanyaan atau tanggapan siswa dari kegiatan yang telah
dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡ Siswa membuat kesimpulan dibimbing guru
kemudian dilaksanakan kegiatan remedial dan/atau pengayaan. (Integritas
dalam menerapkan konsep ilmu yang didapat)
¡ Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.(Religius
dengan mengimplementasikan nilai keimanan dalam kehidupan sehari-hari)
|
10 menit
|
I. Penilaian
Hasil Pembelajaran
· Teknik : Penilaian autentik 3 Ranah Pendidikan dalam
bentuk :
1. Jurnal dan Observasi
Sikap.
2. Test Pengetahuan Tulis,
Lisan dan Penugasan.
3. Praktikum, Portofolio
Produk dan Proyek Ketrampilan.
· Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran :
1. Jurnal dan
Observasi Sikap (atau menggunakan catatan anekdot)
No
|
Kode / Nama Siswa
|
Aspek yang
Dinilai
(No. KD)
|
|
(1. )
|
(2. )
|
||
1
|
Nilai :
Catatan :
|
Nilai :
Catatan :
|
Keterangan:1: Belum Terlihat, 2: Mulai Terlihat, 3: Mulai Berkembang, 4: Membudaya.
Minimal penilaian dilakukan pada 6 siswa dalam 1
pertemuan.
2. Test Pengetahuan Tulis, Lisan dan Penugasan
Penilaian Pengetahuan dilakukan dengan metode skoring kemudian
diisikan ke tabel
No
|
Kode / Nama Siswa
|
Mata Pelajaran
(No. KD)
|
Rata-rata
|
|||||||
(3. )
|
(3. )
|
(3. )
|
(3. )
|
(3. )
|
(3. )
|
(3. )
|
||||
1
|
Keterangan:1: Kurang, 2: Cukup, 3: Baik, 4: Sangat baik.
3. Praktikum, Portofolio Produk dan Proyek Ketrampilan
Penilaian dilakukan dengan berpedoman pada rubrik penskoran.
No
|
Kode / Nama Siswa
|
Mata Pelajaran
(No. KD)
|
Rata-rata
|
|||||||
(4. )
|
(4. )
|
(4. )
|
(4. )
|
(4. )
|
(4. )
|
(4. )
|
||||
1
|
Keterangan:1: Kurang, 2: Cukup, 3: Baik, 4: Sangat baik.
Rubrik penskoran
Menentukan Pokok Pikiran dan Informasi Penting
kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Menentukan pokok pikiran.
|
Siswa dapat menentukan pokok
pikiran dari setiap paragraf dengan tepat.
|
Siswa dapat menentukan pokok
pikiran dari 4 paragraf dengan tepat.
|
Siswa dapat menentukan pokok
pikiran dari 3 paragraf dengan tepat.
|
Siswa dapat menentukan pokok
pikiran dari 2 paragraf dengan tepat.
|
Menuliskan informasi penting.
|
Siswa dapat menuliskan informasi penting dengan jelas dan berhubungan
dengan bacaan.
|
Siswa dapat menuliskan informasi penting dengan cukup jelas dan
berhubungan dengan bacaan.
|
Siswa kurang jelas menuliskan informasi penting namun tetap berhubungan
dengan bacaan.
|
Siswa kurang jelas menuliskan informasi penting dan beberapa informasi
tidak berhubungan dengan bacaan.
|
Mengisi Tabel Pengamatan
kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Bentuk
inte raksi manusia dengan alam.
|
Siswa dapat menuliskan 3 contoh interaksi manusia dengan alam.
|
Siswa dapat menuliskan 2 contoh interaksi manusia dengan alam.
|
Siswa dapat menuliskan 1 contoh interaksi manusia dengan alam.
|
Siswa tidak dapat menuliskan contoh interaksi manusia dengan alam.
|
Hasil interaksi dengan alam.
|
Siswa dapat menuliskan
hasil interaksi dengan alam dengan sangat tepat dan jelas.
|
Siswa dapat menuliskan
hasil interaksi dengan alam dengan tepat dan cukup jelas.
|
Siswa kurang tepat menuliskan
hasil interaksi dengan alam.
|
Siswa kurang tepat menuliskan
hasil interaksi dengan alam dan tidak jelas dalam
penulisan.
|
Membuat Diagram tentang Hak-hak Seorang Pelajar
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Siswa dapat menuliskan hak-hak seorang pelajar dengan bahasanya sendiri.
|
||
Siswa berdiskusi dengan baik.
|
||
Siswa bekerja sama dengan baik.
|
Contoh Soal/Tugas :
Menjawab Pertanyaan :
- Bagaimana masyarakat
sekitar memanfaatkan energi panas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya?
- Apakah energi panas
diperuntukkan bagi semua orang? Bagaimana usaha masyarakat di sekitar untuk
memenuhi kebutuhan hidupnya?
- Bagaimanakah kondisi
geografis lingkungan di daerah tempat tinggalmu? Apakah termasuk
daerah pantai, pegunungan,
atau dataran?
- Apakah pekerjaan utama
orang-orang di sekitarmu?
- Apa saja bentuk interaksi
masyarakat sekitarmu dengan lingkungan alamnya?
Mengetahui,
Kepala SD .................................
.......................................
|
Surabaya, ……………….. 2019
Guru Kelas V
.....................................
|
0 komentar:
Posting Komentar