Minggu, 19 Mei 2019

RPP Sekolah Ramah Anak untuk Kelas 5 SD

Menjadi Sekolah Ramah Anak merupakan bentuk kepedulian terhadap hak-hak anak. Anak-anak mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, dengan rasa aman dan tenang. Sebelum mengimplementasikan program sekolah ramah anak, guru hendaknya memahami betul apa saja hak-hak anak. Disamping itu guru juga mengedukasi anak tentang apa saja hak-hak yang harus mereka dapatkan baik di rumah ataupun di sekolah. Berikut contoh RPP yang bisa diterapkan di Sekolah Ramah Anak di jenjang Sekolah Dasar Kelas 5.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SDN .........................
Mata Pelajaran       : Tematik
Kelas / Semester    : 5 / 2
Tema                       : 6. Panas dan Perpindahannya
Subtema                  : 1. Suhu dan Kalor
Pembelajaran           : 3
Alokasi Waktu          : 6 x 35 Menit (1 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
1.  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.  Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanyaberdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logisdalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Tujuan Pembelajaran
·         Dengan membuat kesimpulan dari bacaan “Manusia dengan Lingkungan Alam”, siswa mampu menyajikan ringkasan teks penjelasan secara benar.
·         Dengan melakukan kegiatan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya secara benar.
·         Dengan menuliskan hasil pengamatannya, siswa mampu membuat laporan hasil observasi di lingkungan sekitar tentang interaksi manusia dengan lingkungan secara tepat dan jelas.
·         Dengan kegiatan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan makna hak sebagai siswa dan warga negara secara benar.

C. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
PPKn
1.2.   Menghargai kewajiban, hak, dan tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.
2.2.   Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2.   Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.
4.2.   Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
·         Menjelaskan makna hak sebagai siswa dan warga negara.

Bahasa Indonesia
3.3.   Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
4.3.   Menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual.
Indikator :
·         Menyajikan ringkasan teks penjelasan.


IPS
3.2.   Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
4.2.   Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

Indikator :
·         Mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya.
·         Membuat laporan hasil observasi di lingkungan sekitar tentang interaksi manusia dengan lingkungan.


D. Materi Pembelajaran
1.   Membuat kesimpulan dari bacaan “Manusia dengan Lingkungan Alam”, dan menyajikan ringkasan teks penjelasan.
2.   Melakukan kegiatan pengamatan, dan mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya.
3.   Menuliskan hasil pengamatannya, dan membuat laporan hasil observasi di lingkungan sekitar tentang interaksi manusia dengan lingkungan.
4.   Berdiskusi, dan menjelaskan makna hak sebagai siswa dan warga negara.

E. Metode Pembelajaran
·         Kolaborasi metode ceramah, diskusi, refleksi, resitasi dan tanya jawab, dilaksanakan secara kontekstual dengan pendekatan saintifik.

F. Media Pembelajaran
·         Gambar atau ilustrasi terkait materi (bisa ditampilkan dengan LCD Proyektor)
·         Media kongkrit

G. Sumber Belajar
·         Buku Guru dan Buku Siswa Tematik Kelas 5 SD/MI (Revisi 2017) serta buku referensi lainnya.

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.(Religius dengan mengimplementasikan nilai keimanan dalam kehidupan sehari-hari)
¡  Guru mengecek kehadiran siswa.
¡  Menyanyikan lagu wajib nasional. (Nasionalisme dengan mengingat perjuangan pahlawan untuk menumbuhkan rasa syukur akan kemerdekaan)
¡  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
¡  Guru menjelaskan aspek, jenis dan teknik penilaian yang akan dilaksanakan.
¡  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan literasi selama 15 menit.(Kemandirian dalam mengembangkan wawasan melalui kegiatan literasi)
25 menit
Inti
Ayo Berdiskusi
¡  Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil.(Gotong royong dalam membangun pemahaman yang komprehensif)
¡  Pastikan bahwa semua siswa berbagi pendapat dan pengetahuannya.
Ayo Membaca
¡  Siswa membaca bacaan: “Manusia dengan Lingkungan Alam” dengan saksama.
¡  Siswa dapat menggarisbawahi kata-kata baru yang didapatnya dan menanyakan artinya.
¡  Setelah selesai membaca, siswa diperbolehkan untuk menuliskan kata-kata baru yang ia temukan dari bacaan, lalu menuliskan 3 informasi penting.(Kemandirian dalam mengembangkan wawasan melalui kegiatan literasi)
¡  Untuk memupuk rasa ingin tahu siswa, siswa diberi kesempatan untuk membuat 2 pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan.
¡  Siswa menuliskan kata-kata kunci yang ia temukan dalam setiap paragraf.(Integritas dalam mengkaji dan mengembangkan wacana keilmuan)
¡  Siswa membuat kesimpulan dari bacaan dengan menggunakan kata-kata kunci yang ia temukan sebelumnya dan menjelaskannya kepada teman sebangkunya.(Gotong royong dalam membangun pemahaman yang komprehensif)
¡  Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan berdasarkan informasi yang ia dapatkan dari bacaan.
Ayo Menulis
¡  Siswa menuangkan pemahamannya tentang bacaan melalui kegiatan menulis.
¡  Siswa mengidentifikasikan pokok pikiran dan informasi penting yang ia temukan dalam setiap paragraf.
¡  Siswa menggunakan pokok pikiran dan informasi yang ia temukan, sebagai bahan untuk membuat sebuah tulisan dalam satu paragraf yang menjelaskan tentang bacaan yang ia baca sebelumnya.
¡  Siswa mempresentasikan hasil tulisannya kepada teman sekelompoknya.(Gotong royong dalam membangun pemahaman yang komprehensif)
Ayo Mencoba
¡  Siswa akan melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang tersedia sebagai petunjuknya.
¡  Siswa dapat melakukan ini di rumah dengan bantuan orang tua.
¡  Siswa mengisi tabel tentang bentuk interaksi masyarakat sekitar dengan lingkungan alamnya.
¡  Di akhir kegiatan, siswa membuat kesimpulan.(Integritas dalam menerapkan konsep ilmu yang didapat)
Ayo Berdiskusi
¡  Guru menggunakan teks bacaan yang disajikan pada buku siswa, untuk membuka pembicaraan mengenai hak dan kewajiban. Guru memberikan penjelasan bahwa setiap manusia yang hidup di dalam masyarakat mempunyai hak yang dilindungi oleh undangundang negara.
¡  Siswa dan guru berdiskusi mengenai hak-hak yang dimiliki orang sebagai anak dan juga sebagai pelajar.
¡  Guru dapat menanyakan pengetahuan siswa tentang hak-haknya sebagai anak dan juga sebagai pelajar.
¡  Diskusi ini dapat memberikan gambaran kepada guru, sejauh mana siswa memiliki pengetahuan mengenai topik yang akan dipelajari.(Kemandirian dalam mengembangkan wawasan melalui kegiatan penerapan konsep)
Ayo Membaca
¡  Guru dapat menjelaskan terlebih dahulu bahwa ada sebuah organisasi dunia yang peduli terhadap hak-hak anak sedunia, yaitu PBB.
¡  Siswa membaca bacaan tentang Konvensi Hak-Hak Anak.
¡  Siswa dapat menggarisbawahi kata-kata yang baru dan menanyakan artinya.(Kemandirian dalam mengembangkan wawasan melalui kegiatan literasi)
¡  Guru dan siswa bisa membahas satu per satu 4 golongan hak anak agar siswa lebih paham maknanya.
¡  Untuk membantu siswa mengingat hak-haknya sebagai anak, siswa akan menuliskan 4 golongan hak anak di dalam Buku Siswa.(Integritas dalam mengkaji dan mengembangkan wacana keilmuan)
¡  Kemudian, siswa memberikan centang untuk hak-hak yang sudah diterimanya dan menjelaskan bagaimana ia memperoleh haknya.
¡  Setelah siswa dapat memahami hak-haknya sebagai anak, siswa membaca bacaan: Hak-hak Seorang Siswa.
¡  Hak-hak seorang siswa seperti tercantum di dalam bacaan terdiri dari 8 poin. Siswa diharapkan memahami setiap poin yang ada.
¡  Guru dan siswa dapat berdiskusi mengenai makna dari setiap hak yang ada dalam bacaan.
Ayo Berdiskusi
¡  Siswa mencoba menuliskan kembali hak-hak anak sebagai pelajar dengan menggunakan bahasanya sendiri, sehingga mudah dipahami oleh dirinya sendiri dan oleh orang lain.(Integritas dalam mengkaji dan mengembangkan wacana keilmuan)
¡  Setelah selesai, siswa dapat bertukar pikiran dengan teman sebangkunya tentang hak-hak seorang pelajar. Jika siswa menemukan hal-hal yang menarik dari diskusi, siswa dapat membagikannya kepada teman-teman di kelasnya.(Gotong royong dalam membangun pemahaman yang komprehensif)
¡  Di akhir kegiatan, siswa membuat kesimpulan tentang hak dengan bahasanya sendiri.(Integritas dalam menerapkan konsep ilmu yang didapat)
175 menit
Penutup
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan siswa dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Siswa membuat kesimpulan dibimbing guru kemudian dilaksanakan kegiatan remedial dan/atau pengayaan. (Integritas dalam menerapkan konsep ilmu yang didapat)
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.(Religius dengan mengimplementasikan nilai keimanan dalam kehidupan sehari-hari)
10 menit

I.   Penilaian Hasil Pembelajaran
·      Teknik       :  Penilaian autentik 3 Ranah Pendidikan dalam bentuk :
                     1. Jurnal dan Observasi Sikap.
                     2. Test Pengetahuan Tulis, Lisan dan Penugasan.
                     3. Praktikum, Portofolio Produk dan Proyek Ketrampilan.
·      Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran :
1.   Jurnal dan Observasi Sikap (atau menggunakan catatan anekdot)
No
Kode / Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
(No. KD)
(1.     )
(2.     )
1

Nilai :
Catatan :

Nilai :
Catatan :


Keterangan:1: Belum Terlihat, 2: Mulai Terlihat, 3: Mulai Berkembang, 4: Membudaya.
Minimal penilaian dilakukan pada 6 siswa dalam 1 pertemuan.

2. Test Pengetahuan Tulis, Lisan dan Penugasan
Penilaian Pengetahuan dilakukan dengan metode skoring kemudian diisikan ke tabel
No
Kode / Nama Siswa
Mata Pelajaran
(No. KD)
Rata-rata


(3.     )

(3.     )

(3.     )

(3.     )

(3.     )

(3.     )

(3.     )

1









Keterangan:1: Kurang, 2: Cukup, 3: Baik, 4: Sangat baik.
3. Praktikum, Portofolio Produk dan Proyek Ketrampilan
Penilaian dilakukan dengan berpedoman pada rubrik penskoran.
No
Kode / Nama Siswa
Mata Pelajaran
(No. KD)
Rata-rata


(4.     )

(4.     )

(4.     )

(4.     )

(4.     )

(4.     )

(4.     )

1









Keterangan:1: Kurang, 2: Cukup, 3: Baik, 4: Sangat baik.












Rubrik penskoran
Menentukan Pokok Pikiran dan Informasi Penting
kriteria
4
3
2
1
Menentukan pokok pikiran.
Siswa dapat menentukan  pokok pikiran dari setiap paragraf dengan tepat.
Siswa dapat menentukan  pokok pikiran dari 4 paragraf dengan tepat.
Siswa dapat menentukan  pokok pikiran dari 3 paragraf dengan tepat.
Siswa dapat menentukan  pokok pikiran dari 2 paragraf dengan tepat.
Menuliskan  informasi penting.
Siswa dapat menuliskan informasi penting dengan jelas dan berhubungan dengan bacaan.
Siswa dapat menuliskan informasi penting dengan cukup jelas dan berhubungan dengan bacaan.
Siswa kurang jelas menuliskan informasi penting namun tetap berhubungan dengan bacaan.
Siswa kurang jelas menuliskan informasi penting dan beberapa informasi tidak berhubungan dengan bacaan.


Mengisi Tabel Pengamatan
kriteria
4
3
2
1
Bentuk
inte raksi manusia dengan alam.
Siswa dapat menuliskan 3 contoh interaksi manusia dengan alam.
Siswa dapat menuliskan 2 contoh interaksi manusia dengan alam.
Siswa dapat menuliskan 1 contoh interaksi manusia dengan alam.
Siswa tidak dapat menuliskan contoh interaksi manusia dengan alam.
Hasil interaksi dengan alam.
Siswa dapat menuliskan
hasil interaksi dengan alam dengan sangat tepat dan jelas.
Siswa dapat menuliskan
hasil interaksi dengan alam dengan tepat dan cukup jelas.
Siswa kurang tepat  menuliskan
hasil interaksi dengan alam.
Siswa kurang tepat menuliskan
hasil interaksi dengan alam dan tidak jelas dalam penulisan.








Membuat Diagram tentang Hak-hak Seorang Pelajar
Kriteria
Ya
Tidak
Siswa dapat menuliskan hak-hak seorang pelajar dengan bahasanya sendiri.


Siswa berdiskusi dengan baik.


Siswa bekerja sama dengan baik.





Contoh Soal/Tugas :
Menjawab Pertanyaan :
- Bagaimana masyarakat sekitar memanfaatkan energi panas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya?
- Apakah energi panas diperuntukkan bagi semua orang? Bagaimana usaha masyarakat di sekitar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya?
- Bagaimanakah kondisi geografis lingkungan di daerah tempat tinggalmu? Apakah termasuk
daerah pantai, pegunungan, atau dataran?
- Apakah pekerjaan utama orang-orang di sekitarmu?
- Apa saja bentuk interaksi masyarakat sekitarmu dengan lingkungan alamnya?


         
Mengetahui,
Kepala SD .................................





.......................................  

Surabaya, ………………..  2019
Guru Kelas V





.....................................

0 komentar:

Posting Komentar

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SDN Kendangsari IV/279 Surabaya Tahun Pelajaran 2019/2020

Memasuki Tahun Pelajaran Baru, 2019/2020, SDN Kendangsari IV/279 Surabaya membuka pendaftaran peserta didik baru. Secara Umum Persyaratan pe...